Ratusan Usulan Pembangunan di Tiga Kecamatan, Tak Semua Langsung Dikabulkan

musrenbang kecamatan mentawa baru ketapang
JARING ASPIRASI: Kegiatan Musrenbang RKPD Kotim tahun 2024 di Kecamatan Mentawa Baru Ketapang, Senin (16/1). (YUNI/RADAR SAMPIT)

Di Kecamatan Seranau, musrenbang dihadiri Kepala Bappenda Kotim Ramadansyah yang mewakili Bupati Kotim Halikinnor. Hadir pula anggota DPRD dapil 2 Dadang Siswanto, Abdul Kadir, dan Rambat, serta Kepala SOPD terkait.

Camat Seranau Dedy Purwanto mengatakan, pada musrenbang tahun ini, pihaknya mengusulkan 50 usulan untuk rencana pembangunan tahun 2024. Usulan yang disampaikan kades dan lurah berkaitan dengan bidang sarpras, sosial, ekonomi, pertanian, perikanan, dan pendidikan. Namun, lebih banyak difokuskan pada peningkatan atau perbaikan jalan, pemeliharaan jembatan, pertanian, dan penerangan jalan.

Bacaan Lainnya
Pasang Iklan

”Sesuai rencana Bupati Kotim, tahun ini Pemkab Kotim sudah menganggarkan untuk pembangunan Dermaga Sampit dan Dermaga Seranau agar layak difungsikan untuk kapal feri penyebrangan angkutan mobil,” kata Dedy.

Dalam musrenbang tahun ini, pihaknya menitikberatkan pada peningkatan jalan, terutama Jalan Mufakat yang merupakan jalan poros dari Dermaga Seranau menuju Kantor Kecamatan Seranau.

Baca Juga :  Masih Diusut Polisi, Begini Nasib Sopir Maut Kecelakaan Sebabi

”Jalan Mufakat ini jalan poros yang menghubungkan antardesa di Kecamatan Seranau. Saat ini masih berupa semenisasi yang kondisinya masih banyak yang rusak, sekitar 600 meter. Sebagian sudah ada yang diaspal tetapi belum semua,” ungkapnya.

Di Kecamatan Kotabesi, kegiatan yang sama dihadiri Staf Ahli Bidang Pemerintahan dan Politik Najmi Fuadi. Ada 31 usulan yang menjadi prioritas pembangunan, terutama di bidang peningkatan sarana dan prasarana pendidikan, kesehatan, rumah ibadah, dan perbaikan gang.

”Usulan pembangunan lebih banyak sifatnya fisik, seperti perbaikan renovasi sekolah, penambahan ruang kelas beserta perabotannya, pembangunan pagar sekolah dasar di Desa Rasau Tumbuh, Simpur, Palangan. Untuk perbaikan rumah dinas guru diusulkan di Desa Rasau Tumbuh, Pamalian, dan Palangan,” kata Gusti Mukafi, Camat Kotabesi.

Untuk usulan bidang kesehatan, perbaikan pustu di Desa Simpur, Desa Pamalian, dan Kelurahan Kotabesi Hulu. Termasuk usulan penambahan tenaga kesehatan sebagai bidan yang mau menetap di Desa Palangan.



Pos terkait