Upaya KPPS Menarik Pemilih di Kotim dan Kobar

Dekorasi TPS Bertema Valentine, Ada Petugas Pakai Seragam Sekolah

tps unik
UNIK: TPS 31 di Kelurahan Baamang Hulu, Kotim, bertema hari valentine. Di Pangkalan Banteng, Kobar, petugas mengenakan pakaian pelajar. (HENY-SLAMET HARMOKO/RADAR SAMPIT)

Hendra juga telah mempersiapkan tenda dua hari sebelum pemungutan suara. ”Kebetulan ada keluarga saya yang punya usaha perias pengantin sekaligus dekor. Sekalian saja tenda dan atribut dekornya saya pinjam buat TPS, supaya terlihat berbeda saja,” tandasnya.

Cosplay Pelajar

Bacaan Lainnya

Sebuah TPS Pemilu 2024 di Dusun Semanggang, Desa Pangkalan Banteng, Kecamatan Pangkalan Banteng, Kabupaten Kobar, menjadi perhatian masyarakat. Pasalnya, Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) di TPS 05 itu mengambil tema pendidikan dengan mengenakan seragam sekolah pelajar SD, SMP, hingga SMA. Bahkan, Ketua KPPS mengenakan seragam SD.

Ketua KPPS Rinta Lekseri Dewi mengungkapkan, tema pendidikan diambil selain untuk memeriahkan proses pemilihan, juga untuk menarik pemilih agar tidak golput.

”Ini agar lebih meriah saja. Tidak ada ketegangan saat pencoblosan. Pesta demokrasi ini harus dilaksanakan dengan riang gembira,” ujarnya, Rabu (14/2/2024).

Selain itu, mereka juga menyediakan doorprize bagi pemilih beruntung berupa peralatan rumah tangga. ”Kami siapkan kupon. Jadi, setelah mencoblos, pemilih diminta mengambil kupon. Kalau beruntung dan mendapat kupon bertuliskan nama hadiah, pulang mencoblos bisa dapat doorprize,” lanjutnya.

Baca Juga :  Ternyata Maling Motor Ini juga Pelaku Pencurian BBM Eceran yang Pernah Viral Itu

Lokasi TPS tersebut menggunakan ruang sekolah, sehingga dianggap cocok mengambil konsep pendidikan. Selain membeli sendiri, seragam yang mereka kenakan ada yang berasal dari seragam anak, keponakan, sampai anak tetangga.

”Ini saya memang memiliki baju merah putih. Itu ada anggota KPPS yang memakai seragam anaknya. Ada lagi yang pinjam keponakan dan juga anak tetangga,” katanya sambil menahan tawa.

Pengawas TPS 05 Fitriansyah mengatakan, pemilihan di TPS berlangsung lancar. Sesekali gelak tawa muncul saat calon pemilih baru saja tiba di TPS.

”Alhamdulillah semua berjalan lancar, TPS ini cukup unik. Sebagian besar warga yang datang tampak gembira menikmati suasana pemilihan di sini,” ujarnya.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kotawaringin Barat Chaidir mengapresiasi langkah KPPS memeriahkan pemilu dan menarik pemilih agar datang ke TPS.



Pos terkait