Bupati Halikinnor Resmikan Pengering Padi di Desa Lampuyang 

halikinnor
PERESMIAN: Bupati Kotim Halikinnor meresmikan bangunan dryer sekaligus uji coba mesin pengering vertikal dryer di Poktan Karya Utama I di Desa Lampuyang Kecamatan Teluk Sampit, Senin (22/4/2024). (YUNI/RADAR SAMPIT)

“Metode penjemuran secara manual kurang efisien dari segi waktu, tenaga kerja, dan kualitas gabah,” sebutnya.

Pemkab Kotim sangat memperhatikan ketahanan pangan daerah serta mendukung program nasional dalam upaya menghadapi guncangan ekonomi dan perubahan iklim yang ekstrem yang dapat menyebabkan terjadinya krisis pangan.

Bacaan Lainnya

“Salah satu langkah strategis dalam menghadapinya adalah menjaga pemenuhan pangan bagi penduduk, memenuhi kebutuhan pangan dapat dilakukan dengan melakukan pertanaman secara kontinyu oleh para petani,” tandasnya.

Vertical dryer ini dapat dimanfaatkan secara optimal dan memajukan sektor pertanian yang menjadi kebanggaan Kotim.

“Semoga dengan bantuan, para petani dapat terus berinovasi dengan teknologi serta melakukan pertanaman secara terus-menerus sehingga mencapai hasil yang lebih baik,” tutupnya.

Kecamatan Teluk Sampit merupakan lumbung pangan Kabupaten Kotim. Lahan di Kecamatan Teluk Sampit musim tanam Oktober-Maret tahun ini seluas 3,260 hektare, artinya pada saat ini sudah mulai memasuki musim panen padi.

Baca Juga :  Bakal Caleg Kotim Gamang Melenggang ke Gelanggang Pemilihan

Produktivitas rata-rata minimal 3,5 ton per hektare. Potensi gabah kering panen yang dihasilkan untuk dikeringkan menggunakan vertical dryer sebesar 11.410 ton. (yn/yit) 

 

 



Pos terkait