Ketika Bencana Ganda Melanda Kotim

Wilayah Selatan Kebakaran Lahan, Wilayah Utara Kotim Kebanjiran

KARHUTLA KOTIM
BENCANA: Tim pemadam berjuang memadamkan api di wilayah selatan Kotim. Pada kawasan lain di wilayah utara, justru banjir melanda warga. (BPBD KOTIM UNTUK RADAR SAMPIT)

Penanganan kebakaran juga dilakukan di Jalan Ir Soekarno, jalur lingkar utara pukul 12.41 wib dan lingkar selatan. ”Untuk wilayah Kota Sampit aman dari kebakaran lahan. Kebakaran lahan dalam seminggu terakhir justru sering terjadi di wilayah selatan Kotim,” katanya.

Pantauan Radar Sampit, Kamis 21 September 2023 cuaca dalam kondisi panas, cerah, dan sedikit berawan.  Titik panas di Kotim yang diinformasikan BMKG Kotim terpantau sebanyak 25 titik. Paling banyak di Desa Lampuyang sebanyak 20 titik. Indeks Standar Pencemaran Udara (ISPU) di Kota Sampit kembali mengalami kenaikan di angka 60 PM 2,5 atau kurang sehat.

Bacaan Lainnya

Kondisi berbeda terjadi di wilayah selatan Kotim. Sejumlah desa, di antaranya Desa Tumbang Mujam dan Desa Mirah di Kecamatan Tualan Hulu, dikabarkan mengalami banjir setinggi lutut orang dewasa.

”Tim BPBD Kotim hari ini sudah melakukan survei ke lokasi banjir untuk melakukan pendataan. Berapa jumlah warga yang terdampak banjir masih proses didata,” ujarnya.

Baca Juga :  Di Balik Tak Stabilnya Pasokan Listrik Sejumlah Pelanggan PLN

Camat Tualan Hulu Admadi Sastra mengatakan, banjir merupakan kiriman air dari atas di Desa Tanjung Jorong. ”Senin dan Selasa lalu di wilayah utara Desa Tanjung Jorong dan sekitarnya terjadi hujan. Air hujan turun sampai ke Desa Tumbang Mujam dan Mirah. Meskipun hari ini tidak hujan, beberapa desa mengalami banjir kiriman dari wilayah utara,” kata Admadi. (***/ign)

 



Pos terkait