Perlu Kerja Sama Antardaerah Atasi Inflasi, Jaga Pasokan dan Harga Pangan

gubernur kalteng bertemu presiden
KENDALIKAN INFLASI: Gubernur Kalteng Sugianto Sabran berdiskusi langsung dengan Presiden RI Joko Widodo terkait pengendalian inflasi di daerah. (IST/RADAR SAMPIT)

Lebih Sugianto mengatakan, kebijakan yang dilakukan Pemprov Kalteng dalam rangka menurunkan inflasi yang diharapkan berada di bawah lima persen sampai akhir tahun 2022. Upaya tersebut menggunakan strategi 4 K, yakni keterjangkauan harga, ketersediaan pasokan, kelancaran distribusi, dan komunikasi.

Menurut Sugianto, strategi 4 K merupakan mitigasi dampak kebijakan likuiditas global dan peningkatan harga komoditas dunia terhadap inflasi dan daya beli masyarakat untuk menjaga keterjangkauan harga, menjaga inflasi kelompok bahan pangan bergejolak dalam kisaran 3,0-5,0 persen dengan menjaga ketersediaan pasokan, terutama menjelang hari besar keagamaan.

Bacaan Lainnya

Kemudian, memperkuat koordinasi pemerintah pusat dan daerah dalam pengendalian inflasi untuk menjaga kelancaran distribusi, serta memperkuat sinergi komunikasi kebijakan untuk mendukung pengelolaan ekspektasi inflasi masyarakat. (daq/ewa/ign)

Baca Juga :  Ada Kios Misterius di Pasar Induk Nanga Bulik

Pos terkait