Persiapan Kalteng Putra Menyambut Liga Dua

Sudah 20 Pemain Bergabung, Gaet Bintang Timnas U-19

boks
REKRUTAN BARU: Bintang timnas U-19 Barnabas Sobor resmi memperkuat Kalteng Putra. (Instagram Barnabas Sobor)

Berdasarkan pemberitaan sejumlah media daring, Barnabas Sobor yang berposisi sebagai full back kiri, merupakan pemain kelahiran Jayapura, Papua pada 13 Februari 2003. Teknik olah bola yang dimilikinya sangat mumpuni.

Perjalanannya dalam dunia sepak bola di Indonesia dimulai bersama Papua United pada 2016 silam. Bersama klub tersebut, Barnabas bertahan setahun, yang kemudian hijrah ke tim junior Persidafon Dafonsoro U-17.

Bacaan Lainnya

Selanjutnya, pada 2019, Barnabas bergabung dengan tim junior Persipura. Selanjutnya, pada Juli 2021, Persewa Banyuwangi mengontraknya. Namun, selama di Persewa, Barnabas tak mendapatkan kesempatan bermain.

Barnabas kemudian hijrah ke Persija Jakarta pada 1 Mei 2022. Bersama tim Macan Kemayoran, dia tercatat tampil dua kali pada laga Piala Presiden. Barnabas selanjutnya dipinjamkan ke PSPS Riau. Namun, kiprahnya tak panjang, karena kompetisi yang terhenti di tengah jalan.

Karier sepak bola Barnabas Sobor sempat diwarnai kisah miris. Mengutip okezone.com, Barnabas pernah dicopot Shin Tae yong hingga gagal main di Eropa. Dia mendapat kesempatan memperkuat klub Lithuania bernama FK Riteriai pada Mater 2023 lalu. Hal itu sejatinya membuka gerbang pesepak bola Indonesia lainnya berkarier di Eropa.

Baca Juga :  Ketika Dua CJH Kotim Gagal Berangkat ke Tanah Suci

Bakat Barnabas Sobor terdeteksi oleh agen sepakbola Andrey Grushin. Dia menawarkan Barnabas Sobor untuk memperkuat klub Lithuania. Andrey Grushin berbicara langsung kepada Wakil Presiden Persija, Ganesha Putra.

Setelah mendapat persetujuan, Barnabas Sobor mulai menjalani latihan bersama FK Riteriai. Namun, Barnabas tidak langsung masuk klub utama, melainkan masuk tim junior FK Riteriai B sebagai bek kiri.

Belum genap setengah tahun, Barnabas Sobor tidak lagi menjadi bagian dari klub Lithuania. Masalah keluarga menjadi alasannya gagal main di Eropa. Kepulangan Barnabas Sobor dikabarkan langsung oleh FK Riteriai melalui Instagram resmi mereka.

”Karena keadaan keluarga yang tidak menguntungkan, Barnabas Sobor mengucapkan selamat tinggal kepada para ksatria dan tidak dapat mewakili tim. Kami mendoakan yang terbaik untuk Barnabas di tahap selanjutnya dalam karirnya dan kami senang bahwa, meskipun untuk waktu yang singkat, kami berhasil bekerja sama dan saling mengenal,” tulis FK Riteriai. (***/ign)



Pos terkait