Polisi Ikut Cegah PMK, Lalu Lintas Ternak Diperiksa Ketat

PEMERIKSAAN-TERNAK
PEMERIKSAAN: Jajaran Polsek Sabangau dan Polresta Palangka Raya menggelar patroli dan memperketat pemeriksaan, khususnya bagi kendaraan yang mengangkut hewan ternak. (IST/RADAR SAMPIT)

PALANGKA RAYA, RadarSampit.com Jajaran Polresta Palangka Raya dan Polsek Sabangau memperketat pintu masuk wilayah itu untuk mencegah merebaknya penyakit mulut dan kuku (PMK) yang menjangkiti ternak, terutama sapi. Kendaraan yang mengangkut hewan ternak jenis apa pun, diperiksa ketat saat melintas.

”Pemerintah mewaspadai penyakit mulut dan kuku yang terjadi pada hewan ternak. Saya sudah perintahkan memperketat pemeriksaan di Pos Lalu Lintas di Km 38, terutama bagi pembawa hewan ternak,” ujar Kapolresta Palangka Raya Kombes Pol Budi Santosa melalui Kasatlantas Kompol Feriza Winanda Lubis, Minggu (15/5).

Bacaan Lainnya

Dia mengatakan, sejumlah rangkaian pemeriksaan dilakukan terhadap kendaraan. Hal tersebut diharapkan bisa mencegah menyebarnya penyakit mulut dan kuku yang dimulai dari jalur pintu masuk Kota Palangka Raya. ”Ini langkah antisipasi dari jajaran Satlantas Polresta,” ujarnya.

Lubis mengimbau masyarakat agar tetap tenang dan tidak panik terhadap penyebaran wabah tersebut. Dia menyakinkan semua pihak terkait telah bekerja secara maksimal untuk menangani. ”Semoga hal itu tidak terjadi di Kalteng,” ujarnya.

Baca Juga :  Belasan Sapi Kobar Diduga Tertular PMK, Pemkab Larang Pasokan dari Daerah Ini

Langkah serupa juga dilaksanakan Kapolsek Sebangau Iptu Dhini Fatriani Lestari. Jajarannya berupaya melakukan langkah antisipasi PMK dengan menggiatkan patroli sambang ke rumah pemotongan hewan wilayah itu.

”Jadi, sekaligus menjaga kamtibmas, juga mengingatkan semua terkait penyakit mulut dan kuku. Semoga jangan sampai terjadi, apalagi di kawasan Sebangau ini banyak peternak sapi,” ujarnya.

Pos terkait