Eks PM Thailand Itu Tak Pernah Sehari pun Mendekam di Penjara

Thaksin Bebas, Hanya Jalani 6 Bulan dari 8 Tahun Hukuman

boks
BEBAS: Mantan Perdana Menteri (PM) Thailand Thaksin Shinawatra resmi bebas dari penjara. (istimewa)

Enam bulan terakhir, Thaksin dirawat di sana. Mantan polisi itu keluar pagi-pagi dengan didampingi kedua anaknya, Paetongtarn dan Pintongta. Thaksin tampak duduk dengan memakai masker dan penyangga leher. Mobil yang membawanya langsung melaju ke mansion Ban Chan Song La.

Thaksin meninggalkan negaranya karena kudeta militer pada 2008. Dia kebanyakan tinggal di Dubai, Uni Emirat Arab, dan London, Inggris. Ketika kembali dari pengasingannya ke Thailand 22 Agustus 2023 lalu, Thaksin langsung ditangkap dan dijatuhi hukuman 8 tahun penjara.

Bacaan Lainnya

Namun, dia tak pernah benar-benar menghabiskan satu hari pun di penjara. Sebab, hanya beberapa jam setelahnya, mantan pemilik Manchester City itu mengaku sakit dan dilarikan ke Rumah Sakit Umum Polisi.

Thaksin dilaporkan menderita sesak dada dan tekanan darah tinggi. Keluarganya mengatakan dia menjalani dua operasi beberapa bulan berikutnya. Sejak saat itu, Thaksin tak pernah kembali ke Penjara Pusat Klong Prem, Bangkok, tempat dia seharusnya mendekam.

Baca Juga :  Senyum Petani Di Kala Pandemi

Thaksin pulang dari pengasingannya selama hampir 15 tahun terakhir setelah Partai Pheu Thai yang didirikannya berkuasa di pemerintahan.

Pada 1 September Thaksin mendapat pengurangan hukuman dari Raja Maha Vajiralongkorn. Hukuman 8 tahun menjadi hanya 1 tahun. Seakan belum cukup, Selasa (13/2/2024) Thaksin dimasukkan dalam daftar 930 tahanan yang mendapatkan grasi.

Menteri Kehakiman Tawee Sodsong memaparkan, keputusan itu diambil karena Thaksin sudah berusia lebih dari 70 tahun dan menderita penyakit kronis. Berdasar aturan, Thaksin bisa bebas setelah menjalani hukuman setidaknya 6 bulan atau sepertiga dari masa hukumannya.

Kemarin masa hukuman 6 bulan itu berakhir dan Thaksin akhirnya bebas tanpa pernah menginap di penjara. ’’Sakit sekali? Pembebasan bersyarat? Penyakit apa?’’ kritik Senator Somchai Swangkarn.

Tak ada perincian yang jelas mengenai pembebasan Thaksin. Namun, The Guardian menyebut Thaksin mungkin harus diawasi. Misalnya, dengan tanda di pergelangan kaki. Haknya untuk bepergian sangat mungkin juga dibatasi. (sha/c18/ttg)



Pos terkait