Penentu Kualitas Pemilu, Wabup Kotim Berharap Sosok Berintegritas Terpilih

Pemkab Kotim Apresiasi Sosialisasi Rekrutmen Badan Ad Hoc Pemilu 2024

sosialisasi kpu kotim
SOSIALISASI: Kegiatan sosialisasi rekrutmen badan Ad Hoc dan pengenalan SIAKBA untuk Pemilu tahun 2024 di Kotim, Selasa (22/11). (YUNI/RADAR SAMPIT)

”Dengan aplikasi ini, calon pelamar itu tidak perlu lagi lagi harus ke kantor KPU atau kecamatan untuk mendaftar, tapi bisa di manapun. Selama ada jaringan, dia bisa mendaftar. Ini salah satu kemudahan yang diberikan KPU,” katanya.

Dia melanjutkan, kekurangan sumber daya manusia (SDM) Badan Ad Hoc merupakan masalah klasik. Pada beberapa wilayah, ada yang SDM-nya sedikit. Untuk itu, pihaknya meminta  dukungan dari camat, kepala desa, dan tokoh masyarakat di desa agar mendorong SDM kecamatan ataupun desa untuk dapat berpartisipasi menjadi penyelenggara pemilu di tingkat kecamatan maupun desa.

Bacaan Lainnya

”Sehingga di tahap awal pun harapan kami jumlah pendaftar, yaitu dua kali lipat dari kebutuhan. Misalnya, untuk PPK ada 5 orang, berarti dua kali lipatnya itu 10 orang. Harapannya di tahap pertama sudah terpenuhi, sehingga proses rekrutmen PPK lebih kompetitif,” ungkapnya.

Baca Juga :  KPU Kotim Temukan Data Ganda Anggota Parpol

Komisioner KPU Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) Eko Wahyu Sulistyobudi mengatakan, sosialisasi digelar dalam rangka  memberikan informasi kepada masyarakat, khususnya di 17 kecamatan dan 168 desa di Kotim.

”Harapannya bisa menjadi penggerak pemilu tingkat kecamatan (PPK) dan desa/kelurahan (PPS). Kegiatan ini merupakan salah satu sarana untuk menginformasikan kepada masyarakat agar bersedia ikut penyelenggaraan Pemilu 2024 mendatang,” ujarnya.

Dia melanjutkan, pengumuman rekrutmen untuk PPK sudah dimulai sejak 20 – 29 November untuk pendaftarannya, tapi untuk pelaksanaannya nanti akan dimulai 20 November – 16 Desember untuk rekrutmen Badan Ad Hoc PPK. Dilanjutkan tingkat kelurahan/desa pada 18 Desember – 13 Januari. (yn/ign)

Pos terkait