Sanggar Tani Muda; Meningkatkan Kinerja Masyarakat Kalurahan Serut

Sanggar Tani Muda
PENGABDIAN MASYARAKAT: Penerjunan Sanggar Tani Muda yang dilaksanakan di Kalurahan Serut oleh HMPS Fisika Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta

Sementara pada Minggu (10/9), kegiatan instalasi air telah dilakukan oleh Sanggar Tani Muda guna sebagai perancangan pembagunan jalur air dari sumber air di lahan melalui komponen penyalur dan penyambung hingga menuju ke sasaran untuk penanaman. Instalasi alat ini diharapkan dapat membawa dampak positif dalam proses penanaman dan perkembangbiakan pisang saba yang nantinya akan diolah menjadi makanan khas daerah dari Kalurahan Serut, Kapanewon Gedangsari, Kabupaten Gunung Kidul.

Dan pada Selasa (19/9) dilaksanakan kegiatan inti dari Tim Pelaksana PPK Ormawa HMPS Fisika yaitu penanaman pisang di lahan pertanian Kalurahan Serut. Penanaman pisang ini dilakukan sebanyak 130 bibit pisang secara simbolis Sugianta selaku Kepala Lurah Kalurahan Serut dan dilanjutkan oleh perangkat desa, tim pelaksana, tim ormawa, sanggar tani muda dan masyarakat yang hadir.  Harapan dilakukannya penanaman bibit pisang ini sebagai salah satu kegiatan pendukung ketahanan pangan bagi masyarakat di masa pendatang dengan melakukan pengolahan dari bahan dasar pisang saba.

Rabu (20/9) dilaksanakan sekolah pembuatan tepung pisang saba yang berkaloborasi dengan sanggar tani muda kalurahan serut. Sekolah lapangan ini dilakukan untuk memberikan informasi mengenai pengolahan pisang yang kaya manfaat salah satunya dapat dijadikan tepung yang memiliki kandungan baik bagi tubuh. Harapan dari terlaksananya sekolah lapangan pembuatan tepung ini dapat memberikan edukasi terhadap sanggar tani muda dan masyarakat sekitar, guna dapat dimanfaatkan pisang di masa pendatang sebagai ketahanan pangan masyarakat.

Baca Juga :  Aksi Nyata Program PSP Angkatan II Berbagi

Kamis (21/9) sukses terlaksananya kunjungan dan monitoring serta evaluasi oleh Universitas Ahmad Dahlan. Kegiatan ini berisi penandatanganan alat dari Tim PPK-O kepada sanggar tani muda secara formal. Dalam acara ini juga ditampilkan produk–produk luaran dari program kerja Tim PPK-O HMPS Fisika, diantaranya adalah Buku Kurikulum, Buku Softskill Tematik, Buku Pengolahan Limbah Pisang, Produk Tepung dari pisang saba dan juga produk organik cair (POC). Tim pemonev dari Universitas Ahmad Dahlan juga melakukan visitasi ke lahan pertanian sanggar tani muda untuk peninjauan lahan yang telah ditanam pohon pisang saba dan juga meninjau teknologi IoT sebagai sistem penyiraman sistem penyiraman otomatis yang telah terinstall di lahan pertanian serta memberikan masukan dan saran yang dapat dijalankan dalam program PPK-O HMPS Fisika agar program menjadi lebih optimal.



Pos terkait