Sebanyak Ini Penyebaran DBD selama Dua Bulan di Kotim

kepala dinas kesehatan kotim
Kepala Dinas Kesehatan Kotim Umar Kaderi.

SAMPIT, radarsampit – Masyarakat Kotawaringin Timur (Kotim) diingatkan untuk waspada terhadap penyakit demam berdarah dengue (DBD) dengan cara menjaga kebersihan lingkungan.

”Agar jentik nyamuk penyebab penyakit DBD tidak berkembang biak, masyarakat harus menjaga kebersihan lingkungan,” ujar Kepala Dinas Kesehatan Kotim Umar Kaderi.

Bacaan Lainnya

Genangan air hujan sering kali menjadi tempat berkembang biaknya nyamuk. Belum lagi sampah rumah tangga seperti bekas kaleng, botol ataupun ban bekas yang dapat menjadi salah satu media bersarangnya bibit penyakit, karena adanya air yang tergenang di dalamnya.

Dinkes mengimbau masyarakat rajin membersihkan lingkungan sekitar, memilah sampah yang berpotensi menjadi sarang nyamuk, dan menguburkan sampah. Selain itu, masyarakat perlu membersihkan secara berkala tempat-tempat penampungan air di rumah masing-masing.

Selain menjaga kebersihan lingkungan, masyarakat juga diimbau untuk membiasakan pola hidup bersih dan sehat, diimbangi makanan bergizi agar daya tahan tubuh tetap fit.

Baca Juga :  Siap Dukung Penuh Bupati Kotim Bangun Daerah

Dalam rentang Januari – Februari 2023, Dinkes Kotim mencatat ada tujuh kasus DBD yang sudah ditangani. “Bulan Januari ada empat kasus, Februari ada tiga kasus,” tandasnya. (yn/yit)



Pos terkait