Tiket Travel dan Bus Ikutan Naik, Segini Sekarang Besarannya

angkutan umum naik harga
PENUMPANG: Penumpang menaiki bus di Terminal Patih Rumbih Sampit, Senin (12/9). (HENY/RADAR SAMPIT)

Untuk rute perjalanan Sampit – Banjarmasin kelas AC Bisnis dikenakan tarif Rp Rp 220 ribu dari harga sebelumnya Rp 190 ribu dan kelas executive naik Rp 40 ribu dari Rp 200 ribu menjadi rp 240 ribu per orang. Sedangkan, harga pengiriman kargo tak mengalami kenaikan.

“Kami jadwal keberangkatan jam 21.00 dan 00.00 WIB. Dengan empat unit yang beroperasi setiap hari. Dua unit ke Palangka Raya dan dua unit ke Pangkalan Bun,” ujarnya.

Bacaan Lainnya

Naiknya harga tiket membawa keberkahan bagi perusahaan otobous, pasalnya harga tiket travel mengalami kenaikan dan masih sangat terjangu menggunakan bus ketimbang travel. “Semenjak BBM naik, penumpang ada sedikit peningkatan biasanya angkut penumpang 5-7 orang sekarang bisa angkuta 10-12 orang per rute tujuan. Dari total 34 seat kelas executive dan 43 seat kelas AC Bisnis pada hari biasa keisi separohnya. Kalau akhir pekan, biasanya hanya sisa 3-5 seat aja, lebih sering terisi full,” ujar Fauzan, Admin Tiketing PO Logos.

Baca Juga :  Pelaku Remas Payudara di Kotim Ternyata Masih SMA

Dari keempat perusahaan otobus yang tersedia di Terminal Patih Rumbih, hanya ada satu PO Damri yang hingga saat ini belum melakukan penyesuaian harga tiket.

Harga tiket rute tujuan Sampit – Palangka Raya keberangkatan jam 02.00 WIB dan Sampit – Pangkalanbun keberangkatan jam 00.00 WIB sebesar Rp 110 ribu dan perjalanan rute Sampit – Lamandau dikenakan tarif sebesar Rp 120 ribu per orang. Sedangkan, layanan Sampit – Samuda dikenakan tarif sebesar Rp 10 ribu dan Sampit – Parenggean sebesar Rp 20 ribu per orang.

“Harga masih sama, kami belum melakukan penyesuaian harga, karena perubahan harga tidak bisa sembarangan karena damri milik pemerintah sehingga kenaikan harga tarif juga perlu dipertimbangkan dengan matang,” kata Hadi petugas DAMRI.

Kenaikan tariff penumpang juga berlaku di travel. Seperti di CV Wijaya Travel Jalan Jenderal Sudirman sudah memberlakukan kenaikan tariff tiket sebesar Rp 170 ribu untuk rute perjalanan Sampit- Palangka Raya dan Sampit Pangkalanbun dan Rp 300 ribu untuk rute perjalanan tujuan Sukamara dan Lamandau serta Sampit – Pontianak sebesar Rp 780 ribu per orang.



Pos terkait