Kampung Tatas Pangkalan Bun Kembali Dikepung Api

kebakaran tatas 1
KEBAKARAN LAHAN: Kebakaran lahan di Dusun Tatas, Kelurahan Baru, Kecamatan Arut Selatan, Kabupaten Kobar, Kamis (23/2) petang. (ISTIMEWA/RADAR SAMPIT)

PANGKALAN BUN, radarsampit.com – Kebakaran lahan kembali terjadi Dusun Tatas Kelurahan Baru, Kecamatan Arut Selatan, Kamis (23/2) malam. Puluhan hektare lahan terbakar dan belum diketahui penyebabnya.

Kebakaran lahan yang terjadi di kawasan itu diduga terjadi sejak Kamis sore, sekitar pukul 17.00 WIB. Api membakar lahan kosong dan terus meluas.

Bacaan Lainnya

Tiupan angin membuat api cepat membesar dan merembet dan memperluar daerah yang terbakar. Hingga pukul 19.00 WIB, api masih terus meluas. Tim dari BPBD Kobar, Damkar, TNI, dan Polri telah turun ke lapangan untuk memadamkan api.

Wardani, salah seorang warga Tatas menyebutkan bahwa pihaknya sudah melaporkan kejadian itu kepada Posko Karhutla di BPBD. Responsnya cukup bagus dan tak selang lama langsung diturunkan tim.

”Sejak sore jelang petang ini api terus membesar. Diperkirakan puluhan hektare lahan terbakar,” kata Wardani.

Baca Juga :  GAWAT!!! Lahan di Tasik Payawan Terbakar 1,5 Hektare

Menurutnya, api merembet cukup cepat dan mulai mendekati perumahan. Api telah berjarak kurang kebih 300-400 meter dari pemukiman penduduk dan pesantren.

”Kami juga siaga dan membantu pemadaman. Takut kalau meluas dan mengenai pemukiman,” ujarnya.

Sementara itu, Kabid Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kobar Martogi mengatakan pihaknya telah menurunkan tim dan menginfokan ke Satgas Karhutla.

“Tim sudah kita kerahkan dan saat ini bekerja di lapangan. Nampaknya kebakaran cukup besar,” kata Martogi.

Pihaknya belum bisa memetakan luas yang terbakar, namun informasi dari warga kebakaran sudah mencapai puluhan hektare.

”Kami belum tahu pasti. Saat ini fokus kami pada pemadaman agar kebakaran lahan tidak meluas,” ujarnya. (rin/sla)



Pos terkait