Misi Meruntuhkan Dominasi Korea Selatan

Indonesia U23 vs Korsel U23

Pelatih timnas Sepak Bola Indonesia Shi Tae-Yong
Pelatih timnas Sepak Bola Indonesia Shi Tae-Yong

Jepang menjadi tim yang dua kali mengalahkan Korea Selatan dalam Piala Asia U23, setelah menang 3-0 dalam perempatfinal 2022.

Bagi Indonesia, pertandingan perempatfinal 26 April nanti di Stadion Abdullah bin Khalifa adalah pertemuan kedua dengan Korea Selatan setelah kualifikasi Piala Asia U23 2016 ketika Merah Putih menyerah 0-4.

Bacaan Lainnya

Apakah Indonesia bisa membalas kekalahan delapan tahun silam itu dan menjadi tim kedua setelah Jepang yang menggagalkan Korea Selatan melangkah ke semifinal Piala Asia U23? Ada alasan optimistis untuk menjawab ‘ya’ terhadap pertanyaan itu, tapi juga ada sedikit pesimisme.

Tampil sebagai debutan yang berstatus underdog bisa membuat Indonesia tampil sama lepas tapi taktis seperti saat mengalahkan Australia dan Yordania.

Tampil tanpa beban dan menikmati pertandingan bisa membuat pertandingan justru menjadi beban bagi Korea Selatan dan ini menjadi pintu masuk bagi Garuda Muda untuk menang.

Sedangkan hal yang membuat agak pesimistis adalah resume cemerlang Korea Selatan dari edisi ke edisi Piala Asia U23 itu, yang hampir selalu berhasil mencapai semifinal turnamen ini.

Baca Juga :  Malam Ini, M City Pertahankan Puncak Klasemen

Korea Selatan juga menjadi satu dari dua tim yang belum pernah kebobolan selama Piala Asia U23 edisi 2024, selain Uzbekistan.

Ada beberapa hal yang membuat Indonesia bisa berbicara lebih banyak dalam pertandingan Kamis dini hari lusa itu. Salah satunya produktivitas gol, yang dalam soal ini Garuda Muda lebih tajam dari Korea Selatan.

Tim Shin Tae-yong sudah mencetak lima gol, sedangkan Korea Selatan yang dilatih Hwang Sun-hong baru membuat empat gol.

Faktor Shin Tae-yong juga sangat menentukan, apalagi laga ini bisa menjadi pertandingan adu gengsi yang memotivasi para pelatih untuk mendorong timnya tampil all-out.

Ini karena laga ini merupakan pertemuan antara pelatih yang tengah menangani timnas Korea Selatan dan pelatih yang pernah menangani tim yang sama.

Selain melatih Korea Selatan U23, Hwang Sun-hong adalah juga caretaker timnas senior Korea Selatan sejak 27 Februari 2024 setelah asosiasi sepak bola negara itu memecat Juergen Klinsmann karena gagal membawa Laskar Taegeuk menjuarai Piala Asia 2023.



Pos terkait