Misi Meruntuhkan Dominasi Korea Selatan

Indonesia U23 vs Korsel U23

Pelatih timnas Sepak Bola Indonesia Shi Tae-Yong
Pelatih timnas Sepak Bola Indonesia Shi Tae-Yong

Meskipun dua tahun lebih muda dari Hwang, Shin memiliki curriculum vitae lebih menarik dalam melatih tim nasional Korea Selatan. Hwang saat ini berusia 55 tahun, sedangkan Shin berumur 53 tahun.

Hwang baru tahun ini melatih Laskar Taegeuk, tapi sudah menangani Korea Selatan U23 sejak 2021. Pencapaian terbesar Hwang adalah perempat final Piala Asia U23 2022 dan medali emas Asian Games 2022.

Bacaan Lainnya

Sementara Shin, mengantarkan Korea Selatan menjadi runner up Piala Asia U23 2016 dan membawa Korea Selatan ke perempat final Olimpiade Rio 2016.Namun pencapaian Shin yang paling dikenang publik adalah mengantarkan Korea Selatan menaklukkan Jerman 2-0 dalam Piala Dunia 2018, padahal Jerman berstatus juara bertahan dan favorit juara.

Pertarungan dan ambisi antara kedua pelatih ini bisa mengimbuhkan energi lebih kepada Marselino Ferdinan dan rekan-rekan, sehingga bertarung gigih melawan Korea Selatan.

Baca Juga :  Ujian Berat di Laga Pembuka Piala Asia U-23

Fakta bahwa lebih separuh dari anggota skuad Garuda Muda adalah juga anggota timnas senior ini, yang berbeda dari skuad Korea Selatan U23 yang hampir semua produk lokal tidak seperti timnas seniornya yang dipenuhi legiun Eropa, bisa menjadi modal yang dapat memperbesar kemungkinan Indonesia U23 untuk menang.(dk/int)

 

 

 



Pos terkait