Pentingnya Literasi Digital Bagi Guru

Pentingnya Literasi Digital Bagi Guru
BELAJAR MENGAJAR: Proses belajar mengajar di SDN 1 Amin Jaya, Kecamatan Pangkalan Banteng. Seiring kemajuan zaman, guru kini dituntut memiliki kemampuan literasi digital yang mumpuni untuk ikut serta melawan hoaks yang berkembang di masyarakat. (ISTIMEWA/RADAR SAMPIT)

Ketiga, menggunakan dan membagikan. Keterampilan menggunakan media dan meng akses informasi sangat menentukan seberapa baik guru dapat menggunakan teknologi informasi dan berbagi konten dengan siswa. Konten dalam berbagai bentuk, dengan memanfaatkan bahasa, gambar, suara, dan teknologi digital baru akan sangat bermanfaat dalam proses pembelajaran. Siswa milenial sangat menghargai guru yang melek digital. Memiliki akses luas di dunia maya dan bersedia berbagi dengan mereka.

Keempat, menerapkan penilaian etis. Guru harus memiliki tanggung jawab sosial di dunia daring sebagai warga dunia digital. Mereka  diharapkan dapat menjadi teladan dalam membuat pilihan yang bertanggung jawab ketika mengakses informasi dan berbagi bahan. Dalam konteks ini, guru hendaknya dapat berperan sebagai role model bagi siswa dalam berselancar di dunia maya, dengan menerapkan tanggung jawab sosial dan standar etika yang tinggi. (Penulis Merupakan Mahasiwi PPG PAI DALJAB 2021 IAIN Palangka Raya)

 

 

Baca Juga :  Menanti PWI Kotim Ukir Sejarah Baru

Pos terkait