Outing Class ke Kolam Renang Tirta Wening Desa Arga Mulya

Mata Pelajaran PJOK Materi Renang Kelas 4 - 6 SDS Pesona Astra

renang 3
Outing Class ke Kolam Renang Tirta Wening Desa Arga Mulya

Edukasi tentang bahaya cedera dalam air juga disampaikan sebagai pengetahuan wajib kepada peserta didik agar selalu menjaga keselamatan saat berenang. Pemanasan selesai sekitar pukul 08.00WIB seluruh siswa masuk ke kolam untuk bersiap menerima materi.

Adapun materi yang disampaikan yaitu gerakan dasar renang gaya bebas dan gaya dada.

Bacaan Lainnya

Pada materi renang gaya bebas dan gaya dada, hal yang paling utama dipelajari yaitu teknik meluncur. Saat meluncur posisi badan mengapung di permukaan air, tolakkan kaki pada dinding kolam hingga meluncur, kedua lengan dalam posisi lurus ke depan. Sementara kedua kaki lurus ke belakang.

Gerakan meluncur bisa dilakukan secara sendiri atau dengan bantuan alat. Alat yang bisa kita gunakan adalah pelampung.

Selanjutnya setelah semua peserta mampu melakukan luncuran, maka akan mempermudah mereka dalam melakukan renang gaya bebas dan gaya dada. Pada gaya bebas mereka hanya tinggal melanjutkan gerakan tangan seperti mendayung bergantian kanan dan kiri, sementara gerakan kaki seperti berlari.

Baca Juga :  Pak RT Pergoki Api Berkobar di Lantai Dua

Begitu juga dengan gaya dada, mereka tinggal melanjutkan gerakan tangan membuka ke kanan dan ke kiri, kemudian kepala diangkat ke atas, sementara kaki bergerak menendang meniru gerakan seperti katak.

Setelah kegiatan inti dilakukan, selanjutnya peserta didik dapat berenang dengan bebas dengan didampingi wali kelas hingga pukul 09.30 WIB.

Kemudian peserta didik diarahkan untuk membersihkan diri, ganti pakaian dan dilanjutkan untuk memakan bekal hingga pukul 10.00 WIB. Setelah makan bekal masing-masing mereka diarahkan untuk masuk bis dan kemudian melakukan perjalanan pulang.

Seluruh rangkaian kegiatan outing class telah selesai, peserta didik tiba di sekolah pada pukul 10.30 WIB dengan keadaan sehat dan selamat. (Aji Wicaksana Dharma)

 



Pos terkait